Rabu, 26 September 2012

Kerajaan Bali


Kerajaan Bali

1. BUKTI SEJARAH

Berasal dari kitab sejarah dinasti Tang.
Di sebelah timur Ho – ling terletak P’oli dan bahwa negeri Da – pa – tau terletak disebelah selatan Kamboja.
Penduduknya menulis di atas daun Patra (rontal)
Di dalam berita Cina dikatakan bahwa mayat orang Da – pa – tau diberi bekal berupa perhiasan (emas) dan dibakar.
Prasasti Bali yang tertua berangka tahun 804 S (882 M) isinya : pemberian izin kepada para biksu dan pendeta agama Buddha untuk membuat pertapaan di bukit Cintamani.
Prasasti berangka tahun 818 S (896 M) dan 883 S (911 M) isinya : mengenai tempat sucidan tidak menyebutkan nama Raja.
Prasasti yang ditemukan di desa Blanjong, dekat Sanur *Permukaan prasasti ditulissebagian dengan huruf Nagari (huruf India) dan sebagian dengan huruf Bali kuno, sedangkan bahasanya menggunakan bahasa sansekerta. Angka berupa Candra Sangkala dan berbunyi“Khecarawahni – Murti artinya tahun 836 S (914 M).

2. BERDIRINYA KERAJAAN BALI

Pusat Kerajaan Bali pertama di Singhamandawa.
Raja pertama Sri Ugranesa.
Beberapa prasasti yang ditemukan tidak begitu jelas menggambarkan bagaimana pergantian diantara 1 keluarga raja dengan keluarga raja yang lain.
Prasasti yang ditemukan di Jawa Timur hanya menerangkan bahwa Bali pernah dikuasaiSingasari pada abad ke – 10 & Majapahit abad ke – 14.

3. STRUKTUR KERAJAAN

Dalam struktur kerajaan lama, Raja – raja Bali dibantu oleh badan penasehat yang disebut“Pakirakiran I Jro Makabehan” yang terdiri dari beberapa Senapati dan Pendeta Syiwa yang bergelar “Dang Acaryya” dan Pendeta Buddha yang bergelar “Dhang Upadhyaya”. Rajadidampingi oleh badan kerajaan yang disebut “Pasamuan Agung” yang tugasnya memberikannasihat dan pertimbangan kepada raja mengenai jalannya pemerintahan. Raja juga dibantuoleh Patih, Prebekel, dan Punggawa – punggawa.

4. SISTEM KEPERCAYAAN

Menyembah banyak dewa yang bukan hanya berasal dari dewa Hindu & Buddha tetapi jugadari kepercayaan animisme mereka.


5. MATA PENCAHARIAN

Bercocok tanam
Peternakan & berburu
Pedagangan

6.MASALAH HUKUM

Sikap tebuka dalam mengeluarkan pendapat.
Sejarah Singkat Runtuhnya Kerajaan Bali
Dikisahkan seorang raja Bali yang saat itu bernama Raja Bedahulu atau yangdikenal dengan nama Mayadenawa yang memiliki seorang patih yang sangatsakti yang bernama Ki Kebo Iwa. Kedatangan Gadjah Mada dari kerajaanmajapahit ke Bali adalah ingin menaklukan Bali di bawah pimpinan KerajaanMajapahit, namun karena tidak mampu patih Majapahit itu mengajak Ki Kebo Iwake jawa dan disana disuruh membuat sumur dan setelah sumur itu selesai KiKebo Iwa di kubur hidup-hidup dengan tanah dan batu namun dalam lontar BaliKi Kebo Iwa tidak dapat dibunuh dengan cara yang mudah seperti itu. Tanah danbatu yang dilemparkan ke sumur balik dilemparkan ke atas. Pada akhirnya diamenyerahkan diri sampai ia merelakan dirinya untuk dibunuh baru dia dapatdibunuh. Setelah kematian Ki Kebo Iwa, Bali dapat ditaklukan oleh Gadjah Madapada tahun 1343.

7.Runtuhnya Kerajaan Bali

 1.a. Penyebab Kejayaan
1) Naik tahtanya Dharmodayana. Pada masa pemerintahnnya, system pemerintahanKerajaan Bali semakin jelas.2) Perkawinan antara Dharma Udayana dengan Mahendradata yang merupakan putri dariraja Makutawangsawardhana dari Jawa Timur, sehingga kedudukan Kerajaan Bali semakinkuat.

1.b. Penyebab Kemunduran
1) Patih Kebo Iwa yang berhasil dibujuk untuk pergi ke Majapahit, sesampainya diMajapahit Kebo Iwa dibunuh.2) Patih Gajah Mada yang berpura-pura menyerah dan minta diadakan perundingan diBali, lalu ia menangkap raja Bali yaitu Gajah Waktra sehingga kerajaan Bali berada di bawahkekuasaan Majapahit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar